Monday, June 30, 2008

Memulai SPSS Tahap 2

Baris Pilihan

Baris pilihan ini merupakan fitur yang ada pada baris menu di tampilkan pada baris pilihan SPSS bertujuan untuk lebih mempercepat dan dan memudahkan bekerja dalam jendela SPSS



Data View
Data view merupakan spreadsheetnya SPSS sebagai tempat menyimpan data dengan ketentuan bahwa baris menandakan kasus atau objek observasi, kolom menandakan variable yang diukur dan sel-sel data view adalah tempat dimana nilai data dari variable setiap kasus disimpan.











Variable View
Variable view merupakan tepat pendeskripsian sifat-sifat dari setiap variable yang akan dimasukan. Baris menandakan variable dan kolom merupakan atribut dari setiap variable yang berupa nama variable (variable name), tipe data (data type), banyaknya karakter yang dimasukan (number of digits or characters), jumlah angka desimal yang akan ditempatkan (number of decimal places), penjelasan setiap variable dan nilai setiap tandanya (descriptive variable and value labels), tepat pendefinisian angka yang hilang (user-defined missing values), lebar kolom (column width) dan jenis/level data (measurement level).








Variable Name. Sel pada variable name adalah tempat penamaan setiap variable yang datanya akan atau sudah dimasukan dalam data view, dengan aturan:
  • Awal penamaan variable harus dengan hurup bukan angka atau simbol
  • Apabila dalam penamaan diperlukan lebih dari 1 kata harus disambung (tidak boleh ada spasi)
  • Banyaknya karakter/hurup tidak boleh lebih dari 64 byte/64 karakter ( English, French, German, Spanish, Italian, Hebrew, Russian, Greek, Arabic, Thai)/ 32 karakter ganda (Japanese, Chinese, Korean)
  • Karakter khusus “!, ?, ' dan *” tidak dapt digunakan dalam penamaan variable.
  • Setiap nama yang dimasukan tidak boleh ada yang sama (harus unik).
  • Kata-kata logika dalam pemograman yang ada dalam SPSS tidak dapat digunakan dalam penamaan, seperti: ALL, AND, BY, EQ, GE, GT, LE, LT, NE, NOT, OR, TO, dan WITH.
  • Penamaan dengan menggunakan hurup “BESAR” akan ditampilkan dalam hurup “BESAR” penamaan dengan hurup “kecil” ditampilkan kecil tetapi tidak membedakan.
Variable Type. Sel type variable adalah tempat mendefinisikan tipe data dan sekaligus dapat mendefinisikan banyaknya karakter data dan nilai decimal yang akan diperlihatkan dalam data view. Secara garis besar, apakah nilai data yang kita masukan termasuk pada data angka (numeric, dot, comma, Scientific notation, Date, Custom currency) atau hurup (string). Secara defaut jika kita masukin angka pada data view maka kolom ini akan berisi kata numeric.












  • Comma. Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan koma pada setiap 3 angka (ribuan), misal 1000 diperlihatkan sebagai 1,000.00
  • Dot. Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan titik pada setiap 3 angka (ribuan), misal 1000 diperlihatkan sebagai 1.000,00
  • Scientific notation. Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan tanda E. Misal angka 1 akan menjadi 1,00E+00
  • Date. Suatu variable numeric yang nilainya diperlihatkan satu atau beberapa format kalender atau format waktu.
  • Custom currency. Suatu variable numeric yang nilainya sesuai dengan format yang diminta dalam kotak dialog.
  • String. Nilai yang bukan berupa angka sehinga tidak bias dilakukan perhitungan.
Variable Width. Variable Width adalah tempat untuk mendefinisikan banyaknya karakter data numeric atau string yang ingin ditampilkan dalam data view. Secara defaut kolom ini akan berisi angka 8.

Variable Decimal. Variable decimal adalah tempat kita mendefinisikan banyaknya angka di belakang koma yang ingin ditampilkan di data view

Varible Label. Variable Label digunakan untuk membantu menerangkan tentang nama variable yang kita masukan dalam SPSS. Ini juga akan membantu dalam membaca/interpretasi output hasil analisis.

Data Values. Data Value adalah tempat untuk mendefinisikan nilai label data numeric dalam kategori tertentu. Contohnya dalam memasukan data nominal atau ordinal. Misalkan kita akan memasukan nilai 0 untuk laki-laki dan 1 untuk perempuan maka data yang kita masukan adalah data numeric berupa 0 dan satu dengan nilai 0=”laki-laki” dan 1=”perempuan” dalam kolom value ini.












Missing Values. Missing values digunakan untuk mendefinisikan data yang hilang menurut spesifikasi yang kita inginkan. Hal ini sangat berguna ketika ada informasi atau nilai data yang hilang sehingga dalam hasil analisis kita tidak harus mendefisikan kembali.












Variable Columns. Variable columns adalah tepat untuk menentukan lebarnya kolom yang akan ditampilkan di data view.

Variable Align. Variable align merupakan tempat untuk menentukan posisi tampilan data di data view. Apakah rata kiri (left), rata kanan (right) atau terpusat di tengah-tengah (center), tergantung keinginan kita.





Variable Measure. Variable measure adalah tempat untuk mendefinisikan data yang kita masukan apakah data nominal, ordinal, atau scale (interval dan rasio).





Be Continued

No comments: