Monday, July 14, 2008

Pengenalan Komputer

Sebetulnya pembicaraan mengenal sebuah mesin yang dianggap canggih penemuan manusia ini (komputer) mungkin basi bagi sebagian pembaca, tapi tidak menuntut kemungkinan ada juga yang membutuhkannya. Penulis mengulas ini dikarenakan hanya ingin menulis dari pada ngangur ... hehhe.

Ok... kita mulai saja liput pembicaraan tentang komputer dengan kang gugel, kenapa saya pilih berbicara dengan kang gugel....? biar ada kesalahan kang gugel yang di salahin... hahahahaha....:)

  • D2nh : " Kang, Apa komputer itu?"
  • Kang gugel : " Masa ga tau kamu?, ya udah lah ini kan hanya basa basi yah...? oke saya jawab, Dari asal katanya “ to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya, sekarang bukan saja mesin hitung, tapi alat batu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya maupun hiburan. seperti alat pengolah kata, data, grafik, gambar, suara, video dan banyak lagi macammnya yang mengunakan komputer.
  • D2nh : "Kalo, cara kerja komputer itu, gimana kang?, secara sederhana saja"
  • Kang gugel : "nih cara kerja komputer secara sederhana"









  • D2nh : "kang bingung eung.... jelasin aja dari awal yah... pokoknya tentang dasar2 komputer secara umum yang agak detailan yah?"
  • Kang Gugel : " OK"
  • Kang Gugel :
Pengorganisasian Komputer

Dari asal katanya komputer (Computer) “ to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.

Komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram blok sebagai berikut :










1. Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Contoh :
  • keyboard
  • mouse
  • scanner
  • trackball
  • digitizer
  • kamera
  • mic
  • interface lain (misal: sensor)






Keyboard

Papan ketik, sebagai media interaksi antara user/manusia dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.


Mouse Secara harfiah, arti dari nama alat ini adalah tikus, mengingat bentuk secara umumnya mirip dengan binatang tersebut. Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh usernya. Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert.


Scanner

Diatrikan secara bahasa adalah Pemindai. Alat ini dapat dipakai untuk membaca sebuah dokumen yang tertulis pada sebuah kertas, dengan cara melewatkan pendeteksi image pada kertas tersebut (scan). Selain membaca image atau gambar, beberapa scanner mampu mengambil teks dari kertas. Alat ini merupakan alat optis yang dapat mengkonversikan citra seperti foto ke dalam bentuk digital supaya dapat disimpan atau diubah di komputer.

Disini dipakai berbagai metoda pemantulan melalui filter R, G, B mendigit citra menjadi serangkaian pixel. EFS-1 memakai rangkaian citra dua dimensi, sedangkan scanner umumnya memakai rangkaian satu dimensi (linier) yang digerakkan (discan) melalui suatu obyek. Pada scanner datar, obyek terletak tak bergerak diatas panel kaca saat rangkaian linier melewati (umumnya di bawah) obyek. Pada Scanner Sheet Feed, pencitraanya diam, tapi obyeknya (foto atau kertas) yang bergerak melewati rangkaian linier. Scanner tangan memakai alat rangkaian citra yang bisa dipegang dan didekatkan serta digerakkan sepanjang obyek yang ingin discan.


Trackball

Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

Digitizer

Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer.


Kamera

Kamera banyak jenisnya, dimana untuk kamera digital data telah dapat dimasukan ke komputer melalui media usb. Kamera yang khusus di desain untuk komputer sediri disebut web cam, yaitu kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di Internet untuk keperluan video conferencing.


2. Output Device

Output device adalah peralatan atau piranti yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
Contoh :
  • monitor
  • printer
  • plotter
  • speaker










Monitor

Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.

Teknologi monitor:
1. CRT (Cathode Rays Tube) dan
2. LCD (Liquid Crystal Display)

Istilah pada CRT:
  • Raster: pancaran elektron menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang sama.
  • Intensitas: tingkat pencahayaan; intensitas tinggi => cahaya terang.
  • Refresh rate (vertical scan rate): jumlah penggambaran ulang atau penyegaran (refresh) layar atau jumlah penyapuan layar dalam satu detik. Ukurannya dalam Hertz (Hz). Misal: 70 Hz, layar disegarkan kembali sebanyak 70 kali per detik.
  • Flicker: kedipan pada layar monitor bila refresh rate-nya lambat; karena fosfor yang ditembakkan oleh senapan elektron CRT kehilangan kependarannya sebelum senapan elektron bisa menyegarkannya
  • Dot Pitch. Jarak antara dua dot fosfor pada warna yang sama. Layar dengan dot pitch yang lebih kecil memiliki jarak lebih pendek antara fosfor-fosfornya. Akibatnya elemen-elemen gambar terletak lebih dekat, menghasilkan gambar yang lebih tajam. Kebanyakan monitor memiliki 0,31 - 0,25 mm, semakin kecil semakin baik. Misal: resolusi 1024 x 768 dengan dot pitch 0,25-0,26 mm merupakan pilihan yang ideal.
  • Interlacing. Dalam mode interlaced (terjalin), pancaran elektron menyapu layar dari atas ke bawah dalam dua lintasan. Pertama, menyapu baris-baris ganjil dan kedua, menyapu baris-baris genap. Setiap lintasan membutuhkan waktu setengah dari lintasan penuh dalam mode konvensional (noninterlaced = tidak terjalin). Karena itu, kedua mode menyegarkan seluruh layar dalam

Printer

Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas).
Jenis printer:
  1. dot-matrix,
  2. inkjet, dan
  3. laser.

Teknologi dot-matrix:
  • kerapatan: 9 dpi dan 24 dpi,
  • monokrom dan warna,
  • kecepatan cetak: satu lembar setiap tiga menit.

Teknologi inkjet:
  • resolusi: 360 x 360, 600 x 600, dst.,
  • monokrom dan warna,
  • kecepatan cetak: 2 ppm, 3-5 ppm, 8 ppm, 12-16 ppm, dst.

Plotter

Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.


Speaker
Speaker atau lound speaker = pengeras suara


3. I/O Ports

I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.









4. Central Processing Unit

Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memilikidua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

Ketika kita menyebutkan CPU, bagi pendapat umum yang CPU yang dimaksud adalah prosesor untuk keperluan umum atau general purpose processor. Sebenarnya banyak sekali jenis dari mikroprosesor ini yang dapat melakukan optimalisasi untuk berbagai jenis instruksi dan data yang diolahnya. Dalam hal ini, terdapat tiga kategorinya:
  1. application-specific integrated circuits (ASIC)
  2. digital signal processor (DSP)
  3. media processor.



5. Memory

Bagian dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory=Memory penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.

6. Data Bus

Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.


8. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

1 comment:

upit said...

makasi kang gugel ..
makasi juga buat d2nh yang udah tanya ..
hehe,,,
postingan ini berguna untuk saya ,,,
nguehehehehe...
hatur nuhun ...
(bener ngg tuh?)