Sunday, June 29, 2008


STATISTIK – STATISTIKA

Statistika dan statistik memang merupakan dua kata yang hampir sama dalam penulisan dan kadang-kadang terdengar sama. Oleh karena itu, terkadang orang menyatakan pengertian yang sama pula dari dua kata tersebut. Hal ini yang perlu diluruskan dan diperbaiki. Yaitu, dua kata tersebut hampir sama bukannya sama. Sebenarnya, terdapat perbedaan yang nyata dari makna kata statistika dan statistik. Kata yang pertama, yakni statistika adalah suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisan dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dari penganalisisan yang dilakukan. Hasil dari proses ini menghasilkan nilai-nilai, tabel, grafik, atau hanya sebuah pernyataan.

Ada pernyataan yang menyebutkan bahwa tabel, grafik, maupun pernyataan yang diperoleh dari sebuah proses yang berlandaskan pada keilmuan statistika disebut dengan statistik. Akan tetapi makna statistik di atas masih kurang tepat menurut saya, karena tidak semua nilai yang keluar dari proses yang berlandaskan keilmuan statistika disebut dengan statistic/statistik. Buktinya adalah adanya istilah parameter dalam statistika, parameter juga merupakan suatu nilai yang dihasilkan dari proses yang berlandaskan statistika. Untuk lebih memperjelas makna dari kata statistik, maka lihatlah dua pengertian di bawah ini:

  • Kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan dari data sampel
  • Contoh: statistik kependuduk, statistik kelahiran, statistik pendidikan, statistik perekonomian dan sebagainya
  • Suatu ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal yang di ambil dari sampel.

No comments: